Pesantren Terbesar Di Jawa Barat

Pesantren Terbesar Di Jawa Barat – Pesantren secara etimologi berasal dari kata “santri ” yang mendapat awalan pe- dan akhiran -an yang berarti tempat tinggal para santri. Sedangkan istilah santri berasal dari bahasa Tamil yang artinya guru mengaji. Di dalam peraturan Menteri Agama RI mengatakan bahwa Pesantren adalah Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam berbasis masyarakat baik sebagai satuan pendidikan dan atau sebagai wadah penyelenggara pendidikan. Dari segi fisik pesantren merupakan sebuah kompleks pendidikan yang terdiri dari susunan bangunan yang dilengkapi dengan sarana prasarana untuk mendukung dalam penyelenggaraan pendidikan. Dari segi kultural, pesantren mencakup pengertian yang lebih luas lagi mulai dari sistem nilai khas yang melekat dalam pola kehidupan komutnitas santri, seperti kepatuhan pada kyai, sikap ikhlas dan tawadhu serta tradisi keagamaan yang diwariskan secara turun menurun. Sebagian mengartikan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam untuk mempelajari, mamahami, mendalami, manghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari. Adapun tujuan pesantren yaitu untuk menciptakan dan mengembangkan kepribadian muslim agar memiliki lebih beriman dan bertakwa juga berakhlak lebih mulia sehingga bermanfaat bagi masyarakat ,mampu berdiri sendiri, bebas dan teguh dalam kepribadian.

Pesantren dapat dikelompokan menjadi 5 yaitu :

1.Pesantren Salaf – pesantren yang mengkaji kitab-kitab kuning, identik dengan pesantren tradisional yang berbeda dengan pesantren modern dalam hal metode pengajaran dan infrastrukturnya.

2.Pesantren Semi Berkembang – pesantren yang di dalamnya terdapat pendidikan salaf dan sistem madrasah swasta dengan kurikulum 90 % agama dan 10 % umum.

3.Pesantren Berkembang – yaitu pesantren semi berkembang hanya saja lebih variatif yaitu 70% agama dan 30% umum.

4.Pesantren Modern – pesantren berkembang yang lebih lengkap dengan lembaga pendidikan sampai perguruan tinggi dan dilengkapi dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

5.Pesantren Ideal – pesantren modern hanya saja lebih lengkap lembaga pendidikannya dan bidang ketrampilan yang mencakup teknik, perikanan, pertanian, perbankan dan lainnya yang benar-benar memperhatikan kualitas dengan tidak menggeser ciri khas pesantren.

siswa-al-masoem
siswa-al-masoem

Tentu saja ada kelebihan dan kelemahan dari  setiap type pesantren di atas.Kelebihan dari pesantren salaf atau pesantren tradisional yaitu cukup positif untuk melindungi umat dari rekayasa ideologi atau agama penjajah. Banyak ulama besar dilahirkan dari kalangan pesantren waktu itu karena kemurnian ajaran, kualitas keilmuan dan semangat para pendiri pesantren. Tetapi dalam perkembangannya pesantren salaf kehilangan kemampuan sosialnya karena mereka tetap berada dalam lingkup yang kecil padahal arus tekhnologi berkembang pesat. Akan tetapi pada masa itu banyak pesantren yang tetap mempertahankan ketradisionalan mereka dan cenderung menutup diri dari dunia luar.Sehingga perilaku tanggap terhadap perubahan zaman kurang dirasakan oleh mereka. Kemajuan pendidikan masih tertinggal baik dalam hal kurikulum ataupun sistemnya.

Kelebihan dan kekurangan dari pesantren modern yaitu dapat menerima bahkan memanfaatkan tekhnologi yang ada. Para santri tidak hanya diajari kitab-kitab klasik yang menjadi jati diri pesantren, akan tetapi mereka juga diperbolehkan belajar ilmu-ilmu umum juga tekhnologi seperti ilmu alam, sosial, bahasa asing selain bahasa Arab, komputer bahkan internet. Sedangkan kekurangannya, dengan bertambahnya kebutuhan yang diperlukan untuk pengembangan pesantren modern, para santri yang akan menimba ilmu di dalamnya harus membayar sedikit agak mahal daripada pesantren model lama.

Pesantren Al-Ma’soem dalam upayanya menghasilkan lulusan-lulusan yang cageur, bageur, pinter memberikan beasiswa secara rutin setiap semesternya. Hal ini agar dapat memacu semangat dan motivasi untuk peserta didiknya. Bagi peserta didik yang berprestasi akan mendapatkan penghargaan berupa keringanan dana pengembangan pendidikan dan beasiswa.

 

 

Yayasan Pendidikan Al-Ma’soem 

Jalan Raya Cipacing No.22

Jatinangor – Sumedang

Telp : ( 022 ) 7798204 – 7798243 – 7792448

email : info[at]almasoem.com

website : http://almasoem.sch.id

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s